Tuesday, August 6, 2013

ULSICRAL - IKAPHARMINDO

Ulsicral adalah obat untuk asam lambung atau biasa juga disebut maag, Ulsicral diproduksi oleh Ikapharmindo Putramas.
Komposisi :
Tiap tablet mengandung Sukralfat sebanyak 500mg

Farmakologi :
Sukralfat adalah suatu kompleks yang dibentuk dari sukrosa oktasulfat dan polialuminium hidroksida. Akatifitas sukralfat sebagai anti ulkus merupakan hasil dari pembentukan kompleks sukralfat dengan protein yang membentuk lapisan pelindung menutupi ulkus serta melindungi dari serangan asam lambung, pepsin dan garam empedu. Percobaan laboratorium dan klinis menunjukan bahwa sukralfat menyembuhkan tukak dengan tiga cara :
  • Membentuk kompleks kimiawi yang terikat pada pusat ulkus yang berfungsi sebagai lapisan pelindung.
  • Menghambat aksi asam, pepsin dan garam empedu.
  • Menghambat difusi asam lambung menembus lapisan fils sukralfat-albumin.
Penelitian menunjukan bahwa sukralfat dapat berada dalam jangka waktu lama dalam saluran cerna sehingga menghasilkan efek obat  yang panjang. Sukralfat sangat sedikit terabsopsi di saluran cerna sehingga menghasilkan efek samping sistematik yang minimal.

Indikasi :
Pengobatan jangka pendek ( sampai 8 minggu ) pada ulkus duodenal

Posologi :
Dewasa :  3-4 kali sehari 2 tablet 500mg, sewaktu lambung kosong ( 1 jam sebelum makan dan menjelang tidur).  Bila penyembuhan belum tercapai dalam 1-2 minggu, pengobatan harus dilanjutkan selama 4-8 minggu, kecuali bila pemeriksaan dengan endoskopi atau sinar-X telah memperlihatkan kesembuhan.

Peringatan :
Ulsicral harus diberikan secara hati-hati pada pasien gagal ginjal kronis dan pasien dialisis. Penggunaan obat ini selama kehamilan hanya dilakukan jika benar-benar diperlukan. Ulsicral harus diberikan secara hati-hati pada wanita yang sedang menyusui. Jika diperlukan, antasida dapat diberikan dalam jangka waktu 1-2 jam sebelum atau sesudah pemberian Ulsicral.  Keamanan dan efektifitas pada anak-anak belum dapat ditetapkan.

Efek Samping :
Efek samping sangat jarang terjadi, yang relatif sering dilaporkan hanya konstipasi dan mulut terasa kering. Keluhan lainnya adalah diare, mual, muntah, rasa tidak nyaman diperut, flatulen, pruritus, rash, pening, sakit kepala, vertigo, nyeri perut, insomnia dan mengantuk.

Kontraindikasi :
Tidak diketahui kontraindikasi penggunaan sukralfat.

Interaksi Obat :
Pemberian Ulsicral dapat mengurangi absorpsi atau bioavailabilitas obat-obatan : simetidin, siprofloksasin, digoksin, ketokonazol, norfloksasin, fenitoin, ranitidintetrasiklin dan teofilin, sehingga obat-obatan tersebut harus diberikan dalam waktu 2 jam sebelum pemberian Ulsicral.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

No comments:

Post a Comment